Pengantar Bisnis

RUANG LINGKUP BISNIS DAN CONTOH USAHA YANG IDEAL
pict by ismiayuazh
PENGERTIAN BISNIS
Sebelum kita membahas mengenai ruang lingkup bisnis ada baiknya kita mengetahui mengenai apa pengertian binis itu sendiri. Dalam artikel yang saya buat ini saya mencari dari berbagai sumber mengenai pengetian bisnis itu sendiri.

Berikut adalah pengertian bisnis menurut para ahli

1.       Prof. Owen
Bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar atau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2.       Urwick dan Hunt
Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3.       Mc. Naughton
Bisnis merupakan suatu pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
4.       Brown dan Petrello
Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.
5.       Steinford
Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen.

Dan berikut pengertian bisnis menurut ilmu ekonomi :
Dalam ilmu ekonomibisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dari pernyataan pendapat di atas saya sebagai mahasiswa yang sedang mempelajari bisnis itu sendiri menyimpulkan bahwa bisnis adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan, lembaga maupun perseorangan yang berkaitan dengan egiatan memproduksi dan mendistribusikan barang untuk suatu konsumen secara jangka pendek ataupun jangka panjang dengan bertujuan memperoleh laba.

TUJUAN BISNIS
Setelah membahas mengenai definisi bisnis selanjutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai tujuan bisnis itu didirikan.Bisnis didirikan semata-mata tidak hanya untuk mencari keutungan sebnayak banyaknya dan ememnuhi kebutuhan konsumen saja. Tetapi ada tujuan lain sendiri dari didirikannya bisnis tersebut. Berikut ada beberapa tujuan bisnis yang saya ambil dari artikel blog lain:
   Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
      Innovation, yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
       Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
   Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
      Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
        Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

MANFAAT BISNIS
Selain terdapat tujuan seseorang menjelankan bisnis adapun manfaat-manfaat dari seseorang dalam berbisnis antara lain :
1


1.       Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
    Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri. 
2.       Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
     Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
3.       Menggaji diri sendiri
      Enak bukan, anda tentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
4.       Atur Waktu Anda Sendiri
      Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda. 

FUNGSI BISNIS
Selain terdapat tujuan dan manfaat bisnis terdapat juga fungsi bisnis. Fungsi bisnis itu sendiri adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :


  • ·         Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
  • ·         Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
  • ·         Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
  • ·         Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran

Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :


  • ·         Untuk mencari bahan mentah (acquiring raw material)
  • ·         Untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
  • ·   Untuk menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

LINGKUP BISNIS
            Lingkup dalam berbisnis dibagi menjadi dua lingkup antara lain lingkup internal dan lingkup eksternal. Berikut adalah masing-masing contoh dari lingup internal dan lingkup eksternal :

a.   Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
b. Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Pengertian bisnis juga memuat 4 aspek, yaitu : untuk mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan usaha, dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari-hari.

JENIS-JENIS BISNIS
Bisnis terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya :
a.        Monopsoni
b.        Monopoli
c.        Oligopoli
d.        Oligopsoni

Berikut ini penjelasan dari keempat jenis bisnis tersebut.
a.    Monopsoni
Bisnis Monopsoni ialah suatu keadaan dimana 1 pelaku usaha sedang menguasai penerimaan suatu pasokan atau menjadikan pembeli tunggal dari jasa dan barang didalam salah satu pasar komoditas. Bisnis monopsoni ini sering terjadi dan terdapat di daerah industri dan perkebunan, sehingga posisi untuk tawar menawar didalam harga buat petani ialah nonsen. Perlunya untuk penelitian lebih jauh lagi dampak dari monosoni, apakah ada faktor-faktor yang dapat menimbulkan monopsoni sehinga tingkat kemakmuran seorang petani berpengaruh. Contohnya: Hanya ada 1 perusahaan yang mengatasi transportasi Kereta Api di negara Indonesia ialah PT.KAI
b.   Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa Yunani: monos, adalah satu + polein, adalah menjual. Monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau satu penjual. Untuk menentukan harga penjualan atau harga pasar tersebut adalah penjual tunggal tersebut yang biasanya disbut dengan “monopolis“.
Sebagai penentu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menetukan jumlah besarnya produksi. Bila mana produksi yang di keluarkan sedikit maka harga yang ditentukan akan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yang di keluarkan semakin banyak maka harga yang akan ditentukan akan semakin murah.
Namun perlu diketahui monopolis tidak bisa semena-mena untuk menaikan harga supaya lebih mahal. Jika hal tersebut dilakukan maka akan berdampak pada penjualan tersebut, para konsumen akan menunda atau mebatalkan pembelian produksi tersebut.
c. Oligopoli
Oligopoli merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang dikuasai beberapa perusahaan. Pada umumnya jumlah dari perusahaan lebih dari 2, namun kurang dari 10.
Didalam pasar oligopoli, disetiap perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terikat oleh permainan pasar, dimana sebuah laba yang mereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka. Sehingga seluruh produk terbaru akan di promosikan melalui iklan hanya untuk mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
d.Oligopsoni
Oligopsoni merupakan suatu keadaan dimana 2 atau lebih seorang pelaku usaha yang diamana menguasai penerimaan sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam pasar komoditas.

BENTUK-BENTUK BISNIS
Bisnis juga memiliki bentuk-bentuk dasar. Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
o  Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
o  Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadipersekutuan komanditer dan firma.
o  Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas hartaperusahaan.
o  Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Pengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitasnya
1. Manufaktur 
·   adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan.
·   Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
2. Bisnis jasa 
·   adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
·   Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
3. Pengecer dan distributor 
·   adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen.Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. 
4. Bisnis pertanian dan pertambangan 
·   adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
5. Bisnis finansial 
·   adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal
6. Bisnis informasi 
·   adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas 
·   adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
8. Bisnis real estate 
·   adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
9. Bisnis transportasi 
·   adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.


MENGAPA KITA PERLU BELAJAR BERBISNIS ?
     Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang sukses dengan bisnisnya. Lalu mengapa kita tidak mengikuti jejak mereka ?. di Indonesia ini menurut saya banyak yang menjadikan bisnis ini bukan sebagai tujuan utama dalam bekerja. Banyak orang-orang yang mulai tertarik berbisnis dikarenakan menurutnya sudah tidak ada pilihan lagi ketika mereka diberhentikan dari tempat kerjanya dulu. Salah satu jalan yang mereka pikirkan kebanyakan adalah memanfaatkan uang sisa mereka saat bekerja atau uang pensiun mereka sebagai modal untuk berbisnis. Namun pola pikir masyarakat haruslah diubah persepsinya tidaklagi menjadikan bisnis sebagai usaha cadangan.  Saat ini banyak generasi muda yang sudah sukses dalam berbisnis walapun usia mereka masih terpaut belasan tahun namun sudah menjadi seseorang yang berpenghasilan fantastis. Hal ini bisa memotivasi lainnya untuk menjadikan bisnis sebaai tujuan utama. Di era modern seperti sekarang ini ketika kita ingin memulia berbisnis dari 0 , kita bisa memanfaatan berbagai media untuk mempromosikan produk kita kepada konsumen. Contohnya kita bisa mempromosikan produk kita secara online seperti menggunakan IG, App gratis yang bisa kita download dengan mudah di smartphone kita. Namun ketika kita menemukan orang yang sukses dalam berbisnis kita juga kerap kali menemukan orang yang rugi dalam berbisnis. Hal ini yang mendasari pentingkan kita mempelajari tentang berbisnis. Sebelum kita ingin memulai kegiatan berbisnis ada baiknya kita mencari dari berbagai sumber mengenai bagaimana cara berbisnis yang baik , mengetahui apa produk yang akan kita tawarkan pada konsumen dan mengetahui kearah mana tujuan ini berjalan. Itu semua kita lakukan agar terhindar dari kerugian ataupun meminimalisir kerugian yang dapat kita alami ketika bisnis yang kita jalani tidak seperti apa yang kita harapkan .
                                                                                                                          



USAHA YANG IDEAL

Mempunyai usaha atau bisnis yang ideal adalah dambaan bagi setiap pembisnis. Di era modern ini, ketika kita ingin memulai untuk berbisnis, sudah banyak sekali aplikasi- aplikasi online yang bisa kita download secara gratis pada smartphone kita untuk membantu memasarkan produk kita. Jadi untuk permasalahan dalam memasarkan produk kita kepada konsumen bukanlah menjadi masalah besar untuk pembisnis. Selagi produk kita dapat bersaing mutu dan pelayanannya , masalah pemasaran bisa diselesaikan. Dikatakan bahwa bisnis yang bai adalah bisnis yang bermanfaat bagi orang lain. Berikut pendapat saya mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan bisnis yang ideal sesuai dengan yang kita harapkan :

1.         Produk/jasa yang kita jual
sebelum kita ingin memulai bisnis. Ada baiknya kita mencari tau barang apa yang akan kita tawarkan . barang yang kita tawarkan ada baiknya yang akan dikonsumsi dalam jangka panjang seperti buku, alat tulis, beras yang ketika habis konsumen akan mencari produk kita lagi. Selain kita berbisnis dalam menawarkan barang, kita juga bisa  berbisnis jasa. Seperti bisnis laundry , cathering , dll. Akan lebih menarik ketika kita berbisnis dengan sesuatu yang kita senangi ataupun sesuai hobby kita.bisnis akan terasa berjalan tanpa beban.

2.      Modal
Setelah kita mengetahiu produk apa yang akan kita jual, pastikan modal kita cukup untuk membuat barang yang ingin kita produksi jika kita ingin membuat suatu barang. Namun kini jika kita ingin memulai untuk berbisnis, tidak masalah jika kita hanya mempunyai modal kecil. Di era ini sudah banyak yang mencoba berbisnis dan sukses dengan modal yang minim bahkan tanpa modal . kini dalam bisnis online misalnya kita bisa membantu suatu penjual untuk menawarkan kepada public mengenai produknya . contohnya menawarkan pada kerabat, teman kerja maupun teman kuliah dengan mengambil keutungan dari produk yang kita tawarkan . hal seperti ini kita akan disebut sebagai reseller. Baiasanya penjual utama akan memberikan harga lebih murah kepaa reseller sebagai keuntungan tambahan dan ucapan terima kasih karena membantu memasarkan . dan bagi yang tidak mempunyai modal sama sekali kini dalam bisnis online dikenal juga istilah dropship. Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Proses pengiriman akan dilakuakan oleh supplier .dropship ini hanya memberikan informasi lebih detail terkait barangnya.

3.      Marketing
Dalam kegiatan berbisnis, marketing adalah kegiatan yang sangat penting . suatu bisnis akan berjalan dengan baik ketika kita memasarkannya dengan baik juga.
Dengan menarik hati para konsumen dan membuat mereka dalam posisi membutuhan barang atau jasa kita.
Menurut Perrult dan McCarthy (1999 : 8), Peranan pemasaran dalam suatu perusahaan yang berorientasi pada pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan berdasarkan konsep pemasaran. Konsep pemasaran adalah merupakan usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka memuaskan kebutuhan satu atau beberapa konsumen sasaran dengan suatu tingkatan keuntungan. Jadi dalam konsep pemasaran, ada tiga poin penting, yaitu :

a.       Kepuasan konsumen atau pelanggan
b.       Usaha yang dilakukan oleh perusahaan
c.       Keuntungan perusahaan

Fungsi itu dilaksanakan oleh manajer pemasaran dan menurut pakar pemasaran yaitu Kotler (1997 : 70) “Manajer pemasaran adalah suatu proses atau tahapan dari menyusun dan menentukan konsep, harga, promosi dan distribusi dari berbagai macam ide, berbagai macam produk dan layanan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan suatu kelompok tertentu”.

Dapat dipahami dari uraian di atas bahwa peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dijalankan dan dikelola oleh manajer pemasaran yang tujuan akhirnya yaitu kepuasan konsumen.

4.     Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen itu sendiri menurut Kotler (1997 : 67) “Perasaan seseorang yaitu rasa senang atau kecewa yang dihasilkan dari proses membandingkan kinerja produk yang diperoleh dengan apa yang direncanakan”. 
Faktor yang menyebabkan kepuasan konsumen menjadi sangat penting karena jika konsumen merasa puas maka konsumen tersebut akan melakukan transaksi ulang dengan perusahaan tersebut dikemudian hari. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh Kotler (1997 : 69) tentang tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen, guna menciptakan kemungkinan kegiatan interaksi ulang si konsumen dengan si perusahaan pada masa yang akan datang sehingga perusahaan dapat memperoleh profit secara konstan.


5.     Manajemen biaya
Selain keempat hal tadi adapula manajemen biaya yang harus diperhatian . hal ini berhubungan dengan aktivitas untuk mencatat semua dana yang masuk maupun keluar akibat operasional bisnis ini. Selain ini pencatatan biaya ini diperlukan untuk mengetahui keuntungan maupun kerugian yang diadapat etika menjalankan bisnis tersebut.

Kelima hal ini ya ng menurut saya harus diperhatikan untuk mendapatkan bisnis yang ideal dan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama . dan dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam berbisnis.

SUMBER :

Komentar

Postingan Populer