Pengantar Bisnis
RUANG LINGKUP
BISNIS DAN CONTOH USAHA YANG IDEAL
PENGERTIAN
BISNIS
Sebelum kita membahas mengenai ruang
lingkup bisnis ada baiknya kita mengetahui mengenai apa pengertian binis itu
sendiri. Dalam artikel yang saya buat ini saya mencari dari berbagai sumber
mengenai pengetian bisnis itu sendiri.
Berikut
adalah pengertian bisnis menurut para ahli
1. Prof.
Owen
Bisnis ialah suatu perusahaan yang
berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar
atau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2. Urwick
dan Hunt
Bisnis ialah setiap perusahan yang
memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang
diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3. Mc.
Naughton
Bisnis merupakan suatu pertukaran
barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
4. Brown dan
Petrello
Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan
barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat
meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan
masyarakat sambil memperoleh laba.
5. Steinford
Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang
dan jasa yang diperlukan konsumen.
Dan
berikut pengertian bisnis menurut ilmu ekonomi :
Dalam ilmu
ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang
menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata
dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dari pernyataan pendapat di atas saya
sebagai mahasiswa yang sedang mempelajari bisnis itu sendiri menyimpulkan bahwa
bisnis adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan,
lembaga maupun perseorangan yang berkaitan dengan egiatan memproduksi dan
mendistribusikan barang untuk suatu konsumen secara jangka pendek ataupun
jangka panjang dengan bertujuan memperoleh laba.
TUJUAN
BISNIS
Setelah membahas mengenai definisi
bisnis selanjutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai tujuan bisnis itu
didirikan.Bisnis didirikan semata-mata tidak hanya untuk mencari keutungan
sebnayak banyaknya dan ememnuhi kebutuhan konsumen saja. Tetapi ada tujuan lain
sendiri dari didirikannya bisnis tersebut. Berikut ada beberapa tujuan bisnis
yang saya ambil dari artikel blog lain:
• Market standing, yaitu
penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh
pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
• Innovation, yaitu inovasi
dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang
ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu
produk, misalnya shampoo 2 in 1.
• Physical and financial
resources,
perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan
untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
• Manager performance and
development,
manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap
pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik,
manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya.
Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui
serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and
development yang berkelanjutan.
• Worker Performance and
Attitude,
untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan
dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
• Public Responsibility, bisnis harus
memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat,
mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
MANFAAT
BISNIS
Selain
terdapat tujuan seseorang menjelankan bisnis adapun manfaat-manfaat dari
seseorang dalam berbisnis antara lain :
1
1. Memperoleh
Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat
diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan
berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan
anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
2. Kesempatan
Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
Kapan lagi anda dapat menjadi bos
untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri.
Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda.
Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
3. Menggaji
diri sendiri
Enak bukan, anda tentukan penghasilan
anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga
sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
4. Atur
Waktu Anda Sendiri
Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
FUNGSI BISNIS
Selain terdapat tujuan dan
manfaat bisnis terdapat juga fungsi bisnis. Fungsi bisnis itu sendiri adalah
untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai,
setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
/ konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan
bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam
fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis adalah
menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
- · Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
- · Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
- · Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
- · Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran
Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi
utama bisnis, yaitu :
- · Untuk mencari bahan mentah (acquiring raw material)
- · Untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
- · Untuk menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)
LINGKUP
BISNIS
Lingkup dalam berbisnis dibagi
menjadi dua lingkup antara lain lingkup internal dan lingkup eksternal. Berikut
adalah masing-masing contoh dari lingup internal dan lingkup eksternal :
a. Lingkungan intern (memberikan pengaruh
langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi
dagang, suplier dan serikat pekerja.
b. Lingkungan ekstern (memberikan
pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional,
ekonomi, sosial budaya dan politik.
Pengertian bisnis juga memuat 4 aspek,
yaitu : untuk mendapatkan laba, menghasilkan barang dan jasa, suatu kegiatan
usaha, dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari-hari.
JENIS-JENIS
BISNIS
Bisnis
terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya :
a.
Monopsoni
b.
Monopoli
c.
Oligopoli
d.
Oligopsoni
Berikut
ini penjelasan dari keempat jenis bisnis tersebut.
a. Monopsoni
Bisnis Monopsoni ialah suatu keadaan
dimana 1 pelaku usaha sedang menguasai penerimaan suatu pasokan atau menjadikan
pembeli tunggal dari jasa dan barang didalam salah satu pasar komoditas. Bisnis
monopsoni
ini sering terjadi dan terdapat di daerah industri dan perkebunan, sehingga
posisi untuk tawar menawar didalam harga buat petani ialah nonsen. Perlunya
untuk penelitian lebih jauh lagi dampak dari monosoni, apakah ada faktor-faktor
yang dapat menimbulkan monopsoni sehinga tingkat kemakmuran seorang petani
berpengaruh. Contohnya: Hanya ada 1 perusahaan yang mengatasi transportasi
Kereta Api di negara Indonesia ialah PT.KAI
b. Monopoli
Monopoli berasal dari bahasa
Yunani: monos, adalah satu + polein, adalah menjual.
Monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau
satu penjual. Untuk menentukan harga penjualan atau harga pasar tersebut adalah
penjual tunggal tersebut yang biasanya disbut dengan “monopolis“.
Sebagai
penentu harga jual atau beli pasar (price-maker), pelaku monopolis bisa
menurunkan atau menaikan harga menggunakan cara menetukan jumlah besarnya
produksi. Bila mana produksi yang di keluarkan sedikit maka harga yang ditentukan
akan semakin mahal dan sebaliknya apabila produksi yang di keluarkan semakin
banyak maka harga yang akan ditentukan akan semakin murah.
Namun perlu
diketahui monopolis tidak bisa semena-mena untuk menaikan harga supaya lebih
mahal. Jika hal tersebut dilakukan maka akan berdampak pada penjualan tersebut,
para konsumen akan menunda atau mebatalkan pembelian produksi tersebut.
c. Oligopoli
Oligopoli
merupakan pasar yang dimana sebuah penawaran satu tipe barang yang dikuasai
beberapa perusahaan. Pada umumnya jumlah dari perusahaan lebih dari 2, namun
kurang dari 10.
Didalam pasar oligopoli, disetiap
perusahaan memposisikan sebagai salah satu bagian yang terikat oleh permainan
pasar, dimana sebuah laba yang mereka dapatkan tergantung dari pesaing mereka.
Sehingga seluruh produk terbaru akan di promosikan melalui iklan hanya untuk
mengenalkan sebuah produk terbaru mereka.
d.Oligopsoni
Oligopsoni merupakan suatu keadaan
dimana 2 atau lebih seorang pelaku usaha yang diamana menguasai penerimaan
sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas jasa dan barang didalam
pasar komoditas.
BENTUK-BENTUK
BISNIS
Bisnis
juga memiliki bentuk-bentuk dasar. Meskipun
bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk
yang dianggap umum:
o Perusahaan perseorangan: Perusahaan
perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu
orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas
atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah
yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
o Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih
bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti
perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung
jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan
menjadipersekutuan komanditer dan firma.
o
Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh
beberapa orang dan diawasi oleh dewan
direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas
atas hartaperusahaan.
o Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau
badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip
koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas
kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik
utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi
memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan
pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Pengelompokkan
bisnis berdasarkan aktivitasnya
1. Manufaktur
·
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang
mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk
mendapatkan keuntungan.
·
Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti
mobil atau pipa.
2. Bisnis jasa
· adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan
mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka
berikan.
·
Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
3. Pengecer dan distributor
· adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara
produsen dengan konsumen.Kebanyakan toko dan perusahaan yang
berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
4. Bisnis pertanian dan pertambangan
·
adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau
mineral tambang.
5. Bisnis finansial
·
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan
pengelolaan modal
6. Bisnis informasi
·
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali
properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas
·
adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan
air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
8. Bisnis real
estate
·
adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan,
dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
9. Bisnis transportasi
·
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang
atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
MENGAPA
KITA PERLU BELAJAR BERBISNIS ?
Sudah
bukan rahasia lagi jika seseorang sukses dengan bisnisnya. Lalu mengapa kita
tidak mengikuti jejak mereka ?. di Indonesia ini menurut saya banyak yang
menjadikan bisnis ini bukan sebagai tujuan utama dalam bekerja. Banyak
orang-orang yang mulai tertarik berbisnis dikarenakan menurutnya sudah tidak
ada pilihan lagi ketika mereka diberhentikan dari tempat kerjanya dulu. Salah
satu jalan yang mereka pikirkan kebanyakan adalah memanfaatkan uang sisa mereka
saat bekerja atau uang pensiun mereka sebagai modal untuk berbisnis. Namun pola
pikir masyarakat haruslah diubah persepsinya tidaklagi menjadikan bisnis
sebagai usaha cadangan. Saat ini banyak
generasi muda yang sudah sukses dalam berbisnis walapun usia mereka masih terpaut
belasan tahun namun sudah menjadi seseorang yang berpenghasilan fantastis. Hal
ini bisa memotivasi lainnya untuk menjadikan bisnis sebaai tujuan utama. Di era
modern seperti sekarang ini ketika kita ingin memulia berbisnis dari 0 , kita
bisa memanfaatan berbagai media untuk mempromosikan produk kita kepada
konsumen. Contohnya kita bisa mempromosikan produk kita secara online seperti
menggunakan IG, App gratis yang bisa kita download dengan mudah di smartphone
kita. Namun ketika kita menemukan orang yang sukses dalam berbisnis kita juga
kerap kali menemukan orang yang rugi dalam berbisnis. Hal ini yang mendasari
pentingkan kita mempelajari tentang berbisnis. Sebelum kita ingin memulai
kegiatan berbisnis ada baiknya kita mencari dari berbagai sumber mengenai
bagaimana cara berbisnis yang baik , mengetahui apa produk yang akan kita
tawarkan pada konsumen dan mengetahui kearah mana tujuan ini berjalan. Itu
semua kita lakukan agar terhindar dari kerugian ataupun meminimalisir kerugian
yang dapat kita alami ketika bisnis yang kita jalani tidak seperti apa yang kita
harapkan .
USAHA YANG IDEAL
Mempunyai usaha atau bisnis yang ideal
adalah dambaan bagi setiap pembisnis. Di era modern ini, ketika kita ingin
memulai untuk berbisnis, sudah banyak sekali aplikasi- aplikasi online yang bisa
kita download secara gratis pada smartphone kita untuk membantu memasarkan
produk kita. Jadi untuk permasalahan dalam memasarkan produk kita kepada
konsumen bukanlah menjadi masalah besar untuk pembisnis. Selagi produk kita
dapat bersaing mutu dan pelayanannya , masalah pemasaran bisa diselesaikan.
Dikatakan bahwa bisnis yang bai adalah bisnis yang bermanfaat bagi orang lain.
Berikut pendapat saya mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
mendapatkan bisnis yang ideal sesuai dengan yang kita harapkan :
1.
Produk/jasa yang
kita jual
sebelum kita ingin memulai bisnis. Ada
baiknya kita mencari tau barang apa yang akan kita tawarkan . barang yang kita
tawarkan ada baiknya yang akan dikonsumsi dalam jangka panjang seperti buku,
alat tulis, beras yang ketika habis konsumen akan mencari produk kita lagi. Selain
kita berbisnis dalam menawarkan barang, kita juga bisa berbisnis jasa. Seperti bisnis laundry ,
cathering , dll. Akan lebih menarik ketika kita berbisnis dengan sesuatu yang
kita senangi ataupun sesuai hobby kita.bisnis akan terasa berjalan tanpa beban.
2. Modal
Setelah kita mengetahiu produk apa
yang akan kita jual, pastikan modal kita cukup untuk membuat barang yang ingin
kita produksi jika kita ingin membuat suatu barang. Namun kini jika kita ingin
memulai untuk berbisnis, tidak masalah jika kita hanya mempunyai modal kecil.
Di era ini sudah banyak yang mencoba berbisnis dan sukses dengan modal yang
minim bahkan tanpa modal . kini dalam bisnis online misalnya kita bisa membantu
suatu penjual untuk menawarkan kepada public mengenai produknya . contohnya
menawarkan pada kerabat, teman kerja maupun teman kuliah dengan mengambil
keutungan dari produk yang kita tawarkan . hal seperti ini kita akan disebut
sebagai reseller. Baiasanya penjual utama akan memberikan harga lebih murah
kepaa reseller sebagai keuntungan tambahan dan ucapan terima kasih karena
membantu memasarkan . dan bagi yang tidak mempunyai modal sama sekali kini
dalam bisnis online dikenal juga istilah dropship. Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak
melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Proses pengiriman akan
dilakuakan oleh supplier .dropship ini hanya memberikan informasi lebih detail
terkait barangnya.
3. Marketing
Dalam kegiatan berbisnis, marketing adalah kegiatan
yang sangat penting . suatu bisnis akan berjalan dengan baik ketika kita
memasarkannya dengan baik juga.
Dengan menarik hati para konsumen dan membuat mereka
dalam posisi membutuhan barang atau jasa kita.
Menurut
Perrult dan McCarthy (1999 : 8), Peranan pemasaran dalam suatu perusahaan yang
berorientasi pada pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan berdasarkan
konsep pemasaran. Konsep pemasaran adalah merupakan usaha yang dilakukan
perusahaan dalam rangka memuaskan kebutuhan satu atau beberapa konsumen sasaran
dengan suatu tingkatan keuntungan. Jadi dalam konsep pemasaran, ada tiga poin
penting, yaitu :
a. Kepuasan
konsumen atau pelanggan
b. Usaha
yang dilakukan oleh perusahaan
c. Keuntungan
perusahaan
Fungsi itu
dilaksanakan oleh manajer pemasaran dan menurut pakar pemasaran yaitu Kotler
(1997 : 70) “Manajer pemasaran adalah suatu proses atau tahapan dari menyusun
dan menentukan konsep, harga, promosi dan distribusi dari berbagai macam ide,
berbagai macam produk dan layanan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan
individu dan suatu kelompok tertentu”.
Dapat dipahami dari uraian di atas
bahwa peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dijalankan dan dikelola oleh
manajer pemasaran yang tujuan akhirnya yaitu kepuasan konsumen.
4. Kepuasan konsumen
Kepuasan
konsumen itu sendiri menurut Kotler (1997 : 67) “Perasaan seseorang yaitu rasa
senang atau kecewa yang dihasilkan dari proses membandingkan kinerja produk
yang diperoleh dengan apa yang direncanakan”.
Faktor yang
menyebabkan kepuasan konsumen menjadi sangat penting karena jika konsumen
merasa puas maka konsumen tersebut akan melakukan transaksi ulang dengan
perusahaan tersebut dikemudian hari. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh
Kotler (1997 : 69) tentang tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen, guna
menciptakan kemungkinan kegiatan interaksi ulang si konsumen dengan si
perusahaan pada masa yang akan datang sehingga perusahaan dapat memperoleh
profit secara konstan.
5. Manajemen
biaya
Selain keempat
hal tadi adapula manajemen biaya yang harus diperhatian . hal ini berhubungan
dengan aktivitas untuk mencatat semua dana yang masuk maupun keluar akibat
operasional bisnis ini. Selain ini pencatatan biaya ini diperlukan untuk
mengetahui keuntungan maupun kerugian yang diadapat etika menjalankan bisnis
tersebut.
Kelima
hal ini ya ng menurut saya harus diperhatikan untuk mendapatkan bisnis yang
ideal dan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama . dan dapat
meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam berbisnis.
SUMBER
:
Komentar
Posting Komentar