Pengantar Bisnis
PERUSAHAAN DAN
LINGKUNGANNYA
1. Pengertian
Perusahaan
Adalah suatu
unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan
faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat,
mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan
dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di
organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk
menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk
menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan.
2. Tempat
dan Kedudukan Perusahaan
A. Pemilihan
tempat dan letak perusahaan, factor penting untuk menjamin tercapainya:
1.
Tujuan perusahaan
2.
Efisiensi perusahaan
3.
Daerah pemasaran produk
4.
Pindah tempat : tidak ekonomis
dan peraturan pemerintah
B. Tempat
Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor pusat perusahaan
tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga
lainnya.
C.
Letak Prusahaan
Adalah tempat perusahaan melakukan
kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi
yang berkaitan dengan biaya.
D. Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
1. Terikat
pada alam
·
Pada umumnya karena tersediaan
dan kemudahan bahan baku.
·
Contoh : Perusahaan
timah, emas, minyak bumi.
2. Terikat
sejarah
·
Perusahaan menjalankan
aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan
berdasarkan sejarah.
·
Contoh : Perusahaan
batik, pekalongan.
3. Ditetapkan
oleh pemerintah
·
Perusahaan yang didirikan atas
dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
·
Contoh : Perusahaan
kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
4. Dipengaruhi
oleh faktor-faktor ekonomi
·
Yang bersifat industri adalah :
ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi,
kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.
3. Perusahaan
dan Lembaga Sosial
Perusahaan
adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi
masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai
tujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian
kepada masyarakat.
A. Tujuan
Pendirian Perusahaan
Di badakan menjadi 2, yaitu :
1. Tujuan
ekonomis
·
Berkenaan dengan upaya
perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
·
Contoh : Menciptakan
laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas,
pelanggan (inovatif).
2. Tujuan
social
·
Perusahaan memperhatikan
keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun
masyarakat luas.
·
Kedua tujuan tersebut saling
mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada
keinginan konsumen ataupun pelanggan.
B. Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
System adalah
suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung
maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah
suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang
secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta
distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan,
pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social.
1. Kepada
pemilik modal ® pengelolaan
keuangan dan kemajuan perusahaan.
2. Kepada
lembaga peneliti ® membantu
pendanaan.
3. Kepada
pekerja ® membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
4. Kepada
konsumen ® menyediakan
B&J yang bagus.
5. Kepada
pemerintah ® membayar pajak.
C. Sifat Sistem Perusahaan
Ada beberapa sifat :
·
Kompleks
·
Sebagai suatu kesatuan / unit.
·
Sifatnya beragam.
·
Saling tergantung.
·
Dinamis
D. Fungsi-fungsi
Perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan apabila
kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkoordinir, terintegrasi
dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
1. Fungsi
operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran,
keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi,
teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi
operasi penunjang.
2. Fungsi
manajemen
Perencanaan, pengorganisasian,
pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik
perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi,
terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.
E. Ciri-ciri Perusahaan
·
Mencerminkan kekhasan yang
membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali.
·
Cirri umumnya :
1. Operatif
Adanya aktivitas ekonomi yang
berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
2. Koordinatif
Diperlukan
koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. Regular
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan
diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu
bergerak maju.
4. Dinamis
Lingkungan selalu berubah oleh karena
itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
5. Formal
Tunduk kepada
peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
6. Lokasi
Perusahaan didirikan pada suatu tempat
tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
7. Pelayanan
Bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut
terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
Lingkungan
Perusahaan
1. Lingkungan
Eksternal
·
Lingkungan eksternal perusahaan
yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan.
·
Lingkungan eksternal perusahaan
dapat dibedakan menjadi :
A. Lingkungan
eksternal makro
·
Adalah lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
·
Contoh :
1.
Keadaan alam ® SDA,
lingkungan.
2.
Politik dan hankam ® kehidupan
operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana
perusahaan berada ® menciptakan.
3.
Hukum
4.
Perekonomian
5.
Pendidikan dan kebudayaan
6.
Social dan budaya
7.
Kependudukan
8.
Hubungan internasional.
B. Lingkungan
eksternal mikro
·
Adalah lingkungan eksternal
yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
·
Contoh :
1.
Pemasok / supplier : yang
menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
2.
Perantara, misalnya
distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi
ke konsumen.
3.
Teknologi : yang berkaitan
dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
4.
Pasar, sebagai sasaran dari
produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan
Internal
·
Adalah factor-faktor yang
berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
·
Contoh :
1. Tenaga
kerja
2. Peralatan
dan mesin
3. Permodalan
(pemilik, investor, pengelolaan dana)
4. Bahan
mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
System informasi dan administrasi sebagai acuan
pengambilan keputusan.
Komentar
Posting Komentar