KOPERASI BERKAH MADANI

SEJARAH, VISI & MISI, DAN STRUKTUR KOPERASI MADANI

Koperasi Berkah Madani beralamatkan di Jl. Akses Ui No.9, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451 koperasi ini diajalankan sesuai prinsip islam yaitu syariah. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Koperasi ini baik Sejarah, Visi & Misi dan Struktur Keanggotaannya.

SEJARAH KOPERASI BERKAH MADANI

Pada tahun 2005 kebutuhan akan lembaga keuangan akan akses permodalan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan bagi kalangan usaha mikro Begitu sulit bagi usaha mikro untuk melakukan transaksi di perbankan baik pembiayaan maupun pinjaman. Banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi sehingga usaha mikro pada saat itu tidak dapat berjalan dengan baik.menengah masih sangtlah sulit, dikarenakan untuk melakukan pinjaman di bank sendiri memiliki prosedur yang lebih sulit dan minimal pinjaman yang ditentukan diluar kemampuan para nasabah. bagi para anggota atau nasabah perbankan hanya memberikan pinjaman kepada para pemodal besar.

Kemudian hadirlah beberapa Koperasi Syariah yang dahulu dikenal dengan BMT (Baitul Mal wa Tanwil) sebagai lembaga Keuangan Syariah yang menaungi sebagai alternatif lain lembaga pembiayaa untuk usaha mikro dan multiguna. Itulah yang menjadi salah satu diantarnya landasan terbentuknya koperasi syariah ini. Sebenarnya koperasi ini lebih lebih familiar dikenal masyarakat dan anggota dengan nama BMT Berkah Madani lembaga keuangan yang berbasiskan syariah. Seiring berjalannya waktu BMT Berkah Madani berganti nama karena tuntutan izin birokrasi yang harus dipatuhi sebagai peraturan Undang Undang Perkoperasian dari kementerian koperasi dan kecil menengah .

Lembaga Keuangan Syariah Berkah Madani adalah lembaga keuangan mikro yang beroperasi dengan prinsip syariah. Fungsi dari lembaga keuangan adalah sebagai lembaga intermediasi antara pihak yang memiliki surplus dana dengan pihak lain yang membutuhkan modal. Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani didirikan di Depok pada tanggal 19 Oktober 2004 bertepatan dengan tanggal 5 Ramadhan 1424 H.. Mulai beroperasi pada tanggal 10 Februari 2005 bertepatan dengan 1 Muharram 1425 H berdasarkan Akta no. 62 dari Notaris B. Wirastuti Puntaraksma, SH . Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani telah mendapat status Hukum Koperasi berdasarkan surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah No. 486/BH/MENEG.I/V/2006. Peresmian dilakukan oleh Bapak Ir. A

VISI

  1. Menjadi lembaga keuangan syariah yang terbaik dan terdepan secara nasional dalam memberi solusi yang bermakna bagi kaum dhuafa, pengusaha mikro dan kecil secara berkelanjutan dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip fathonah, amanah, shiddiq dan tabligh.
MISI
  1. Meningkatkan akses permodalan bagi masyarakat kecil baik finansial meupun non-finansial.
  2. Membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas masyrakat kecil demi kesejateraan dan keadilan ekonomi.
  3. Menjadi lembaga keuangan syariah yang tumbuh secara berkelanjutan seiring dengan perrtumbuhan usaha nasabahnya. 
  4. Memberikan keuntungan maksimal secara terus menerus kepada shareholder melalui pelayanan terbaik kepada steakholder. 
  5. Menjadi organisasi pembelajaran yang secara kontinue meningkatkan kompetensi dan kapasitas. 
  6. Sumber daya insani yang beriman & bertaqwa dengan kesejateraan yang maksimal.
STRUKTUR ANGGOTA KOPERASI BERKAH MADANI 
Struktur Dewan Koperasi Berkah Madani
Struktur Badan Pengurus Koperasi Berkah Madani
Struktur Pengelolaan Koperasi Berkah Madani
Struktur Account Officer Koperasi Berkah Madani

LAMPIRAN







    Komentar

    Postingan Populer